Sejarah Internet

No Comment - Post a comment

Berikut adalah tongak kejadian utama tentang sejarah dari internet diambil dari buku The Extreme Searchers Internet Handbook a Guide for the Serius Searcher 2nd Editon:

1957 - USSR (Union of Soviet Socialist Republics) meluncurkan satelit yang kemudian dinamakan Sputnik. Satelit yang berbentuk hampir menyerupai bola voli berdiameter 58 Cm, berat 83,6 Kg.

1958 - Sukses besar yang diambil oleh USSR atas peluncuran satelit Sputnik membuat lembaga penelitian negeri paman Sam yang dikenal dengan Advanced Research Projects Agency (ARPA) ingin mengikuti jejak USSR. Lembaga yang sangat tertarik akan teknologi Informatika dalam hal ini komputer.

1962 - J. C. R. Licklider menuliskan visinya tentang jaringan akses antara group komputer yang dapat memberikan layanan berupa data dan program; perusahaan RAND memulai penelitian pada pendistribusian komunikasi jaringan yang saat itu digunakan untuk kepentingan militer. RAND merupakan suatu lembaga nonprofit institusi membantu dalam mengembangkan kebijakan dan pengambilan keputusan melalui penelitian dan analisa.

Awal tahun 1960 - Paket-switching mulai dengan implementasikan dari sebelumnya hanya sekedar teori saja.

Pertengahan akhir 1960 - ARPA [United States Department of Defense] mengembangkan ARPANET [Advanced Research Projects Agency Network] mempraktekan time-sharing dengan 4 host mereka yang terkoneksi adalah Standford Research Institute, UCLA, UC Santa Barbara dan University of Utah.

1965 - Ted Nelson menciptakan term hypertext atau yang disingkat dengan hypertext (teks yang mempunyai kaitan ke dokumen lain).

1968 - The Tymnet nationwide time-sharing terbentuk. Tymnet merupakan jaringan komunikasi data internasional di San Jose, California.

1971 - ARPANET mulai mengembangkan host dari kampus dan badan pengembangan pemerintah total keseluruhan mencapai 23 host.

1972 - INWG [International Networking Group] berdiri sebagai suatu badan standarisasi teknologi jaringan pada saat itu. Vinton selaku pemimpin perusahaan dan sekaligus dikenal sebagi Bapak internet.

1972 - 1974 Layanan jasa database seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times Data Bank dan lainya memulai koneksi jaringan dengan dial-up.

1973 - ARPANET pertama kalinya membuat koneksi jaringan antar negara yakni Universitas London (Inggris) dengan Royal Radar Establishment (Norwegia).

1974 - Protokol paket data jaringan atau yang dikenal dengan TCP/IP diperkenalkan oleh Vint Cerf (Developer ARPANET Network Control Program) dan Bob Kahn (DARPA-Defense Advanced Research Project Agency).

1974 - Bolt, Beranek dan Newman (ARPANET) membuat suatu paket data yang bersifat komersial pada saat itu. Paket data tersebut dinamakan Telenet.

1977 - Terdapat 111 host di internet.

1978 - TCP dibagi menjadi TCP dan IP (Internet Protocol).

1979 - UseNet (User and Network) diciptakan oleh Tom Truscott, Jum Ellis dan Steve Bellovin. Mereka adalah siswa dari Universitas DUke dan Universitas North Carolina. UseNext lebih dikenal dengan newsgroup, kalau sekarang ini seperti forum. Gagasan muncul dari Kevin Mckenzie yang menyarankan tampilan emoticons (smileys). Saat ini emoticon sudah berkembang pesat tidak hanya wajah senyum, wajah-wajah lainya juga ada.

1980an - PC (Personal Computer) menjadi bagian dari orang-orang di dunia, dimana tiap orang sudah memiliki komputer pribadi di rumahnya masing-masing. Saat itu terdapat 213 host pada jaringan ARPANET. BITNET (Because It`s Time Network) memulai dengan layanan email, mailing list dan layanan berupa FTP. CSNET (Computer Science Network) dibuat oleh divisi Computer Scientists di Universitas Purdue, Universitas Washington, RAND dan BBN, mereka didukung oleh NSF (National Science Foundation). Menyediakan layanan email dan layanan lainnya untuk penelitian tanpa akses ARPANET.

1982 - Istilah internet pertama kali mulai digunakan. TCP/IP merupakan protokol yang digunakan secara universal.

1987 - Terdapat 10.000 host di Internet.

1988 - NSFNET backbone mencapai kecepatan T1/1,544 Mbps.

1989 - Host bertambah tercatat lebih dari 100.000 di ARPANET.

1991 - Tim Berners-Lee (CERN, Conseil European Pour la Recherche Nucleaire) di Geneva memperkenalkan WWW (World Wide Web) internet komersial. Universitas Minnesota juga memperkenalkan Gopher yang memperbolehkan mengakses file melalui remote computer (cikal bakal P2P, mungkin). Keecepatan NSFNET menjadi 4,736 Mbps.

1992 - Jumlah host di internet bertambah menjadi 1 juta lebih.

1994 - Tampilan browser grafis (Mosaic) pertama diperkenalkan. Berikut juga Netscape Navigator versi komersialnya. WebCrawler merupakan search engine pertama. Tahun ini juga lahirnya spam.

1995 - RealAudio diperkenalkan untuk proses streaming audio. Perusahaan ISP juga bermunculan seperti CompuServe, America Online dan Prodigy. Menyediakan akses internet melalui dial-up.

1996 - Terdapat 10 juta lebih pengguna Internet.

1999 - Microsoft memulai langkah dengan Internet Explorer. Berkesempatan mengambil ahli Netscape yang saat itu merupakan browser terkenal.

1999 - Percobaan pertamakali terhadap domain China, Jepang dan Korea.

2002 - Google membuat urutan, daftar halaman web lebih dari 3 miliar.

2003 - Lebih dari 200 juta Host IP.

2004 - Merupakan kelahiran blog. Asal muasalnya adalah aplikasi pengola kata atau spreadsheet berbasis web yang dapat membuat perhatian khusus para pengguna internet.

2005 - Lebih dari 50% warga Amerika bisa mengakses internet dengan kecepatan tinggi.

2006 - Perkembangan website terus terjadi. Fokus terhadap unsur interaktif, web pribadi, integrasi, berbagai macam aplikasi desktop dan penggunaan API (Application Program Interfaces) untuk integrasi data dari berbagai macam sumber Web.

This Post has No Comment Add your own!

Posting Komentar